Rabu, 21 Desember 2011

tugas bahasa indonesia 4 paragraf induktif

contoh induktif

Pada waktu anak didik memasuki pendidikan formal, pendidikan bahasa Indonesia secara metodologis dan sistematis bukanlah merupakan halangan baginya untuk memperluas dan memantapkan bahasa daerah. SEtelah anak didik meninggalkan kelas, ia kembali mempergunakan bahasa daerah dengan teman-temannya atau orang tuanya. ia merasa lebih intim dengan bahasa daerah. jam sekolah hanya berlangsung selama beberapa jam. Baik waktu istirahat ataupun diantara jam-jam pelajaran, unsur-unsur bahasa daerah tetap digunakan. Ditambah lagi jika sekolah itu bersifat homogen dan gurunya penutur asli bahasa daeah itu. Faktor-faktor inilah yang menyebabkan pengetahuan si anak terhadap bahasa daerahnya akan tetap maju

tugas bahasa indonesia 3

PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMPUTER BAGI CALON GURUMASA DEPAN


Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yangditandai dengan kemajuan di bidang teknologi komunikasi dan informasi saat initelah begitu pesat, sehingga menempatkan suatu bangsa pada kedudukan sejauhmana bangsa tersebut maju didasarkan atas seberapa jauh bangsa itu menguasaikedua bidang tersebut di atas. Maka mau tidak mau kita harus terlibat dalammaju mundurnya penguasaan teknologi informasi dan computer.
Saat ini komputer bukan lagi merupakan barang mewah,alat ini sudah digunakan di berbagai bidang pekerjaan seperti halnya padabidang pendidikan. Pada awalnya komputer dimanfaatkan di sekolah sebagaipenunjang kelancaran pekerjaan bidang administrasi dengan memanfaatkan softwareMicrosoft word, excel dan access. Dengan masuknya materi Teknologi Informasidan Komunikasi dalam kurikulum baru, maka peranan komputer sebagai salah satukomponen utama dalam TIK mempunyai posisi yang sangat penting sebagai salahsatu media pembelajaran.
Siswa menggunakan perangkat Teknologi Informasi danKomunikasi untuk mencari, mengeksplorasi, menganalisis, dan saling tukarinformasi secara efisien dan efektif. Dengan menggunakan Teknologi Informasidan Komunikasi, siswa akan dengan cepat mendapatkan ide dan pengalaman dariberbagai kalangan. Penambahan kemampuan siswa karena penggunaan TeknologiInformasi dan Komunikasi akan mengembangkan sikap inisiatif dan kemampuanbelajar mandiri, sehingga siswa dapat memutuskan dan mempertimbangkan sendirikapan dan dimana penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi secara tepat danoptimal, termasuk apa implikasinya saat ini dan dimasa yang akan datang.



Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) mencakup duaaspek, yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi. Teknologi Informasi,meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alatbantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Teknologi Komunikasi merupakansegala hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses danmentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya. Karena itu, TeknologiInformasi dan Teknologi Komunikasi adalah suatu padanan yang tidak terpisahkanyang mengandung pengertian luas tentang segala kegiatan yang terkait denganpemrosesan, manipulasi, pengelolaan, dan transfer/pemindahan informasi antarmedia. Secara khusus, tujuan mempelajari Teknologi Informasi dan Komunikasiadalah:

1. Menyadarkan mahasiswa akan potensiperkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang terus berubah sehinggadapat termotivasi untuk mengevaluasi dan mempelajari Teknologi Informasi danKomunikasi sebagai dasar untuk belajar sepanjang hayat.

2. Memotivasi kemampuan siswa untukbisa beradaptasi dan mengantisipasi perkembangan Teknologi Informasi danKomunikasi, sehingga siswa bisa melaksanakan dan menjalani aktifitas kehidupanseharihari secara mandiri dan lebih percaya diri.

3. Mengembangkan kompetensi siswadalam menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk mendukung kegiatanbelajar, bekerja, dan berbagai aktifitas dalam kehidupan seharihari.

4. Mengembangkan kemampuan belajarberbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, sehingga proses pembelajaran dapatlebih optimal, menarik, dan mendorong siswa terampil dalam berkomunikasi, terampilmengorganisasi informasi, dan terbiasa bekerjasama.
5. Mengembangkan kemampuan belajarmandiri, berinisiatif, inovatif, kreatif, dan bertanggungjawab dalam penggunaanTeknologi Informasi dan Komunikasi untuk pembelajaran, bekerja, dan pemecahanmasalah sehari-hari.

Dengan melihat isi dari tujuan mempelajari teknologiinformatika dan komputer, kita harus mengkombinasikan TIK dalam proses belajarmengajar di kelas bukan hanya untuk mata kuliah teknologi dan informasi semata.Melihat kondisi TIK pada saat ini dan perkembangannya di masa datang, kitaharus mempersiapkan diri dan melakukan perencanaan yang matang dalammengimplementasikan TIK di kehidupan sehari-hari. Jika tidak memulainyasekarang maka sebagai salah satu institusi pendidikan, kita akan tertinggaldari negara lain dalam bidang teknologi. Jika ini terjadi, usaha kita akansemakin berat untuk mensejajarkan Negara kita dengan negara lain. Sebenarnyabanyak bentuk pemanfaatan TIK lainnya yang dapat digunakan untuk membantu siswadalam proses belajar mengajar. Tetapi semua itu tergantung kepada kitabagaimana cara memanfaatkannya. Dari apa yang saya deskripsikan di atas adapunbeberapa tujuan yang telah diterapkan dalam satu semester melalui materi-materiyang telah diberikan. Yang pertama yaitu mengekplorasi aplikasi theasaurus didalam Ms Word, sebelumnya kami tidak menyadari akan adanya Theasaurus yangrupanya menyimpan banyak manfaat diantaranya meningkatkan kosakata, yang bisadigunakan dalam membuat kalimat lebih kreatif. Yang nantinya akan bermanfaatpada saat kami menyusun skripsi.
Berikutnya adalah menjelajahi Websites www.Yourdictionary.com, dari sana kami dapat menemukanbanyak link yang menghubungkan ke berbagai web. Kami diminta mencari arti dari kata-katamelalui aplikasi kamus online tersebut. Yang pertama yang harus dilakukanadalah menge-klik aplikasi internet yang tersedia. Ada banyak aplikasi internet yang bisadigunakan misalnya, internet explorer, operamini, mozila firefox, google chromedll. Kita dapat menggunakan salah satunya sesuai keinginan kita. Kemudianmasukkan website yang kita tuju yaitu www.Yourdictionary.com. Setelahmasuk ke dalam web tersebut, kita hanya menuliskan kata yang ingin kitacari makna dan bagaimana pengucapannya tersebut.
Tugas berikutnya yaitu memanfaatkan aplikasi MicrosoftExcel, kita hanya mengetik dalam kolom-kolom yang telah tersedia. Sebenarnyapengoperasiannya hampir sama dengan Microsoft Word namun ini lebih dikhususkanke dalam bilangan. Sehingga, aplikasi ini sudah banyak dimanfaatakan dikantor-kantor maupun instansi-instansi yang melibatkan perangkat komputer untukmendukung kinerja suatu lembaga tersebut.
Setelah beberapa pertemuan, ada banyak perubahan yangterjadi dalam diri kami. Diantaranya perubahan pengetahuan yang mengubah polapikir kami. Yang telah kami tuangkan ke dalam paper kami yang berjudul‘Perubahan pengetahuan, keterampilan dan sikap. Dari beberapa tugas yangdiberikan akan melatih kemampuan mahasiswa dalam berkreatifitas menuangkan idemereka ke dalam setiap hasil tugas yang dikumpul melalui www.yk-edu.org. Adapun kesulitan-kesulitanyang menjadi batu krikil menghambat penyelesaian tugas kami tersebut. Yang secaratidak langsung mengubah sikap kami. Salah satunya bisa memanfaatkan waktu lebihoptimal.
Sebagai mahasiswa bahasa inggris tentunya harusmempunyai kemampuan dalam mengolah kata maupun wawasan berbahasa inggris. Setelah mempelajari bagaimana menjelajahidunia internet. Kami diminta mengakseswebsites yang berkaitan dengan bahasa inggris kemudian menjabarkan isi dariweb tersebut yang kemudian kami kirim melalui www.yk-edu.orgdalam bentuk data Microsoft Word.
Dari setiap membuka halaman satu ke halaman lainnyadalam web itu ternyata menggunakan aplikasi yang bernama hyperlink yang bisadigunakan menghubungkan halaman maupundata. Hiperlink ini dapat ditemui di beberapa aplikasi diantarnya yang sudahkami pelajari yaitu Microsoft Word dan Microsoft power point. Caranya cukupmudah yaitu dengan menge-blok kata - klik kanan - klik hyperlink – pilih datayang akan dihiperlinkan.
Dari apa yang sudah diajarkan, kemudian kami membuatchart yang dibuat melalui aplikasi Microsoft Word dan Microsoft power point.Kami dapat membubuhkan warna sesaui keinginan sehingga dapat menyalurkan ide kedalam kreatifitas membuat grafik. Dengan menge-klik draw – pilih gambar yangdiinginkan kemudian disusun sesuai perintah dosen. Setelah pengiriman tugasmelalui share file, perkuliahanberikutnya dosen meminta kami men-donwloadpekerjaan teman-teman yang kami rasa itu terbaik dan terburuk. Kemudiankami diminta mengomentari hasil tugas tersebut di Microsoft power point.
Sebagai calon guru yang terdidik untuk lebih profesionaltentunya mampu membuat soal-soal berkompetensi yang bisa meningkatkan sumberdaya manusia. Dari modal kami menguasai Microsoftpower point, kami membuat 20 soal yang saling berkaitan. Soal-soal tersebutdiharapkan bisa memacu kemampuan calon guru untuk bisa mengembangkankreatifitasnya membuat soal dan memanfaatkan teknolgi komputer sebagai saranapembelajaran siswa.
Akhir pertemuan yang begitu singkat meninggalkan kamisuatu keterampilan dalam menciptakan beberapa bangun ruang yang kemudian dapatkami kelola menjadi suatu kombinasi yang menarik. Sehingga kita bisa lebihmaksimal lagi dalam membuat soal bagi anak didik nanti. Kami dapat memberikanwarna pada setiap bangunan tersebut bahkan menggabungkan menjadi satu seperticontoh di bawah:


Soal bersifatstatistik bisa diberikan pada siswa, guru tidak lagi monoton tertuju pada teksbacaan. Siswa akan lebih menangkap sesuatu yang berbentuk dan berwarna, yangdikemukan pada penelitian sebelumnya.