Kamis, 14 April 2011

KEKAYAAN PENDIDIKAN YANG SUDAH DI HAK PATENKAN

PLN Patenkan Karya Inovatif Robolay
PT PLN Persero secara resmi menerima sertifikat hak paten atas satu karya inovasi unggulan dari pegawai PLN yang dinamakan Robolay. Penyerahan sertifikat dilakukan langsung oleh Dirjen Hak Kekayaan Intelektual Depkumham, Andy Noorsaman Sommeng, kepada Dirut PLN, Fahmi Mochtar, di Jakarta, Rabu (12/8).

Robolay menjadi salah satu dari 101 karya inovasi yang paling prospektif di Bisnis Innovation Centre yang dikeluarkan oleh ristek. Robolay ini telah menerima penghargaan dari presiden pada 10 Agustus 2009 lalu.

Robolay merupakan alat pembersih sampah layangan pada konduktor saluran transmisi yang dikendalikan dengan remote kontrol. Alat ini dapat bekerja dengan baik membersihkan sampah pada konduktor saluran udara tegangan menengah (SUTM) 20 kV, saluran udara tegangan tinggi (SUTT) 70 kV dan 150 kV.

Robolay dapat melakukan inspeksi konduktor secara langsung sekaligus mendokumentasikan pekerjaan pembersihan lewat kamera yang dipasang pada alat ini. Ia menambahkan manfaat lain dari penggunaan Robolay, di antaranya mengurangi risiko terjadinya kecelakaan kerja, mengurangi risiko putusnya kawat/konduktor, mengurangi penggunaan sumber daya manusia pada pekerjaan dalam keadaan bertegangan, serta menunjang inspeksi jaringan di atas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar